Skip to content

Tugas Penerapan Komputer 6: Tips ‘n Trick Penggunaan Microsoft PowerPoint dengan Tepat!

April 13, 2015

Hello, guys!

Siapasih yang gatau Microsoft PowerPoint? Program ini pasti akrab banget buat kamu, anak sekolah, mahasiswa, bahkan karyawan dan bos-bos besar. Program sakti ini berguna untuk membuat presentasi. Presentasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online adalah:

presentasi/pre·sen·ta·si/ /préséntasi/ n1 pemberian (tt hadiah); 2 pengucapan pidato (pd penerimaan suatu jabatan); 3 perkenalan (tt seseorang kpd seseorang, biasanya kedudukannya lebih tinggi); 4 penyajian atau pertunjukan (tt sandiwara, film, dsb) kpd orang-orang yg diundang;

mempresentasikan/mem·pre·sen·ta·si·kan/v menyajikan; mengemukakan (dl diskusi dsb)

PowerPoint punya banyak fitur kece yang bisa kamu maksimalkan penggunaannya, seperti slide transition dan sound effect. Kesalahan umum yang sering dilakukan adalah penggunaan slide transition dan sound effect yang berlebihan dan tidak sesuai, design tampilan PowerPoint yang tidak ‘memanjakan’ mata, copy paste paragraf, banyak pengulangan membuat audiens bosan. Presentasi yang menarik perhatian audience menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan.

Gimana sih cara membuat presentasi yang menarik?

1. Pilih tema yang sesuai untuk presentasi.
PowerPoint menyediakan tema default. Pilih salah satu tema yang sesuai. Usahakan agar judul, subjudul, dan isi jelas serta komposisinya tepat, sehingga audiens dapat memahami dengan mudah. Kamu bisa juga mencari tema-tema untuk PowerPoint yang tersedia di internet.

pencil

sumber: http://www.presentationmagazine.com/pencil-powerpoint-template-4684.htm

2. Gunakan font (jenis font, ukuran font, warna font) yang tepat.
Pilih font yang sesuai, bukan font yang terlalu umum seperti Arial, bukan pula font seperti Graffiti. Ukuran font juga tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Berikut ada tips dari MasterPresentasi.com untuk memilih font presentasi http://www.masterpresentasi.com/tips-memilih-huruf-presentasi-powerpoint.html

3. Masukkan  gambar yang relevan dengan isi presentasi
Gambar penting demi menghilangkan kejenuhan dari isi presentasi yang melulu teks. Selain untuk mempercantik slide, gambar yang relevan juga dapat memudahkan audiens dalam memahami slide

4. Gunakan poin-poin untuk materi
Sampaikan materi dalam bentuk poin-poin, tidak dalam bentuk paragraf yang panjang. Paragraf panjang membuat audiens cepat bosan.

5. Gunakan warna yang kontras
Pilih warna yang kontras baik antara background-gambar, maupun backround-text. Warna juga dapat digunakan untuk highlight poin penting dalam text.

6. Gunakan Slide Transition, Animation, Sound Effect.
Ketiga fitur di atas dapat membuat slide terlihat menarik, tetapi penggunaan yang tidak tepat atau berlebihan, dapat membuat slide terlihat kurang bagus. Pilih secara tepat dan tidak berlebihan.

7. Latihan!
Well, practice makes perfect. Baik latihan membuat slide maupun latihan penyampaian presentasi.

Nah begitulah cara membuat presentasi yang baik dan menarik. Memang butuh banget latihan dan penyesuaian agar presentasi kamu makin ciamik. Nah dicoba aja dulu, siapa tau hasilnya bagus.

Advertisements

From → Tugas

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: